Saturday 7 February 2015

Greenify | Hibernate Your Apps!!!

Greenify - Salah satu aplikasi penghemat batere untuk Android
Apakah Android kamu batere nya boros? Apakah batere Android kamu cepat habis meski baru di pakai beberapa jam? Nah, kemungkinan ada beberapa aplikasi yang sedang tidak terpakai namun mereka berjalan di background yang dicuragai sebagai penghabis batere yang handal.

Di Android, kamu bisa memilih-milih mana aja aplikasi yang bisa menyerot batere kamu meskipun sedang tidak digunakan. Biasanya ada aplikasi tertentu yang menggunakan koneksi internet kamu meskipun mereka dalam keadaan tidak dibuka, tentu saja hal tersebut dapat menyerot energi batere-mu.
Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggunakan sebuah aplikasi yang bernama Greenify. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi favorit bagi pengguna Android yang udah di Root (Meskipun bisa juga bekerja tanpa akses Root).
Dan kalau kamu belum mengerti apa manfaat dan ruginya nge-root Android kamu bisa membacanya di sini.

Dengan aplikasi Greenify, perangkat Android kamu dapat menjalankan hampir semua aplikasi dengan lancar dan ringan sama seperti yang terjadi di hari pertama saat kamu memilikinya.
Aplikasi Greenify ini membantu kamu dalam mengidentifikasi dan menempatkan aplikasi nakal (yang banyak menghabiskan batere) ke dalam mode hibernasi bila kamu sedang tidak menggunakan mereka, untuk menghentikan kegiatan mereka yang membuat Android kamu nge-lag dan menghabiskan baterai dengan cara yang unik!
Aplikasi tertentu yang sering menghabiskan baterai dapat kamu set untuk hibernasi (istirahat) dan hanya berjalan kembali secara normal jika kamu membuka aplikasi yang bersangkutan secara langsung atau aplikasi yang kamu hibernasi tersebut dibutuhkan/digunakan oleh aplikasi lain.
Cara menggunakannya cukup mudah, saat pertama menjalankan aplikasi ini kamu akan disuguhkan mana aja aplikasi yang sedang hibernasi. Untuk menambahkan aplikasi lain yang juga ingin kamu hibernasikan cukup tekan ikon “+” seperti pada gambar di bawah ini:
Greenify - Salah satu aplikasi penghemat batere untuk Android 1
Kemudian kamu akan dibawa ke layar aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan (Running in the Background), untuk membuat nya hibernasi, pilih aja aplikasi tersebut kemudian tekan ikon “V” (centang) seperti yang tampak pada gambar di bawah ini:
Greenify - Salah satu aplikasi penghemat batere untuk Android 2
Sampai disini misi kita sudah berhasil. Untuk langkah selanjutnya kamu tinggal pilih aja aplikasi lainnya yang ingin kamu hibernasi biar nggak Runing in The Backgroud supaya baterai kamu tambah awet.
Untuk opsi lainnya mengenai “pengaturan aplikasi”  dapat kamu akses melalui opsi menu yang tampak pada gambar di bawah ini :
Greenify - Salah satu aplikasi penghemat batere untuk Android 3
Kemudian pilih menu “Experimental feature..”
Greenify - Salah satu aplikasi penghemat batere untuk Android 4

Greenify - Salah satu aplikasi penghemat batere untuk Android 5

Keterangan:

  • Boost Mode: Jika kamu mengalami kegagalan hibernasi karena masalah root, centang opsi ini.
  • Keep Notification: Centang opsi ini jika kamu masih ingin mendapatkan notifikasi yang dimunculkan aplikasi yang sedang kamu hibernasi.
  • Wake-up Tracker & Cutoff: Dengan memberi centang opsi ini kamu diberi kemampuan untuk memutuskan mata rantai aplikasi-aplikasi apa yang menyebabkan aplikasi yang udah kamu hibernate bangun sendiri.
  • Block App State Abuse : Centang aja.
Udah gitu aja sih. Pengalaman saya menggunakan aplikasi ini significant banget, baterai saya bisa sampai 10 jam, dengan penggunaan normal seperti membalas chat BBM, LINE, WhatsApp dari pagi sampai malam (maklum ane jualan online).
Aplikasi Greenify adalah aplikasi gratis namun kamu dapat meng-upgrade nya ke versi donate yang tentu saja memiliki lebih banyak fitur tambahan seperti yang ditampilkan pada gambar di bawah ini:
Greenify - Salah satu aplikasi penghemat batere untuk Android 6
Oh iya satu lagi, untuk device Android yang udah di Root, Greenify ini akan secara otomatis melakukan hibernasi ke aplikasi-aplikasi yang berjalan di Backgroud. Lha kalo belum di Root, kamu mesti melakukan hibernasi itu secara manual.
Tapi tenang aja, karena aplikasi ini juga menyediakan Shortcut yang dapat kamu pasang di Home Screen Android supaya kamu dapat melakukan hibernasi aplikasi-aplikasi itu dengan mudah. Caranya tinggal pilih aja “Create Hibernation Shortcut” yang berada di tombol menu pojok bawah, maka secara otomatis Hibernation Shortcut akan muncul di Home Screen Android untuk memudahkan akses kamu.
Powerbank saja tidak cukup, kamu perlu memiliki aplikasi ini. Menurut saya aplikasi ini adalah aplikasi surga. Aplikasi yang menyelamatkan setiap mAh demi mAh yang telah terkuras dari Android kamu.

0 comments:

Post a Comment