Tuesday 20 February 2018

Mengenal Linear Layout dalam UI Android

Pada kesempatan kali ini aku akan mencoba menjelaskan sedikit mengenai Linear Layout dalam UI Android , Linear Layout merupakan salah satu jenis ViewGroup yg ada di Android , Android menyediakan beberapa jenis ViewGroup, seperti Linear Layout, Relative Layout, Coordinate Layout, Constraint Layout,dll.

Menurutku memahami Linear Layout merupakan yg termudah diantara Layout View Group lainnya , tentunya setiap jenis layout View Group  memiliki fungsi, kelebihan serta kekurangan masing-masing.

Cara kerja Linear Layout yaitu dengan menyejajarkan setiap child dari viewgroup tsb sesuai dengan orientasinya, secara vertikal maupun horizontal . Seperti yg sudah kusebutkan sebelumnya, atribut xml yg paling penting dalam Linear Layout adalah android:orientation  . Jika kita tidak menentukan orientasinya, maka defaultnya adalah horizontal. Dengan adanya ketentuan tersebut maka semua child/view dari LinearLayout akan menumpuk sesuai dengan orietasi linear layout tsb .

Contoh :


Maka jika atribut orientation - nya kita set ke vertical maka view2 yg jadi child-nya akan menumpuk kebawah secara vetikal




Sedangakan jika orientation-nya di set ke horizontal seperti ini :




Maka akan nampak menumpuk kesamping .

0 comments:

Post a Comment